widgets

Kamis, 14 November 2013

PERANGKAT KERAS JARINGAN LAN


Dalam membangun sebuah jaringan LAN,sedikitnya kita harus menyediakan beberapa komponen perangkat keras sebagai berikut:

1.server
server merupakan perangkat keras yang berfungsi menyediakan berbagai layanan kepada komputer client.Adapun layanan yang dapat di berikan antara lain sebagai berikut:

a.Disk server
  Layanan yang menyediakan ruang hardisk yang dapat di akses oleh setiap komputer client.
b.File server
  Layanan yang menyediakan akses terhadap file yang dapat di akses dan selanjutnya dapat dimodifikasi/di update
c.printer server
yang menyediakan layanan fasilitas pencetakan yang terhubung dengan komputer server.
2.Workstation client
workstationclient merupakan komputer yang langsung di gunakan oleh pengguna dalam melakukan pekerjaan sehari-harinya.workstation/client menjalankan beragam sistem operasi dan merupakan bagian dari jaringan yang ada.

3.NIC/Network Interface card 
NIC/LAN card merupakan perangkat yang mutlak di perlukan jika komputer kita ingin terhubung ke jaringan lan. 
 
saat ini beberapa NIC yang dapat di gunakan yaitu Ethernet,ARCnet,Token Ring,dan FDDI.

4.Hub
Hub merupakan perangkat yang banyak di gunakan dalam topologi star.Hub bertindak sebagai pusat/consentrator dalam jaringan dan akan selalu menerima dan mengirimkan data ke semua client.


5.switch
switch merupakan perangkat hasil pengembang dari hub.hub hanya menerima data dan mengirimkan kembali ke semua komputer client.walaupun komputer tidak membutuhkan data tersebut.


6.Repeater
Repeater berfungsi untuk memperkuat sinyal jaringan ketika mencapai jarak yang sangat jauh.Dengan demikian,sinyal yang tadinya lemah dapat di perkuat kembali dan disalurkan ke tempat lain sehingga dapat menjangkau area yang sangat luas.


7.Bridge
Bridge berfungsi untuk menghubungkan satu segmen jaringan dengan segmen jaringan yang lain.Bridge yang baik  umumnya hanya meneruskan dan mengirimkan data kepada komputer/client yang menjadi tujuanya.

8.Router
Router memiliki fungsi yang sama dengan bridge,namun router memiliki kemampuan lain,yaitu dapat menentukan keputusan rute
terbaik yang harus di tempuh data,sehingga data dapat sampai ketujuan lebih cepat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar